Nabi Hud


Assalamualaikum

Nabi Hud merupakan keturunan Sam bin Nuh (cucu Nabi Nuh ) dari suku 'Aad (عاد), suku yang hidup di jazirah Arab, disuatu tempat bernama Al-Ahqaf yang terletak di utara Hadramaut antara Yaman dan Oman.

Mereka adalah kaum penyembah berhala bernama Shamud, Shada, dan al-Haba. Mereka termasuk suku yang tertua sesudah kaum Nuh. Mereka dikurniai oleh Allah SWT tanah yang subur, dengan sumber-sumber air yang memudahkan mereka bercucuk tanam.

Nabi Hud diutus Allah Swt. untuk memberi peringatan kepada kaum Ad yang sesat. Ia memerintahkan agar kaumnya menyembah Allah Swt., bukan berhala yang mereka buat sendiri. Namun Hud berhadapan dengan keangkuhan kaumnya. Seruan Hud tidak mereka pedulikan. Bahkan sebaliknya, Hud diejek dan diancam. 

Allah Swt. menurunkan azab-Nya kepada kaum Ad dalam dua tahap. Pertama, negeri Ahqaf dilanda kemarau panjang. Saat kaum Ad merasa cemas, Hud mengingatkan mereka bahwa kekeringan itu merupakan awal azab Allah Swt. Namun kaum Ad tetap tidak mempercayainya. Lalu datang azab kedua berupa gumpalan awan tebal. Kaum Ad mengira bahwa hujan akan segera turun membasahi tanah yang telah lama kering. Namun perkiraan mereka saIah. ternyata yang datang justru angin yang sangat dingin dan kencang.

Menurut Abu Hurairah, seperti diriwayatkan Imam Bukhari, Nabi Hud meninggal pada usia 472 tahun. Baginda dikuburkan di sebelah timur Hadramaut. Namun orang-orang Palestina berpendapat bahwa makam Nabi Hud terdapat di Palestina. Adapun menurut Ali bin Abi Thalib, Nabi Hud dimakamkan di bukit pasir merah yang masuk dalam wilayah Hadramaut.

0 comments: